Tingkatkan Imun Tubuh Melalui Asupan Protein Hewani

Tingkatkan Imun Tubuh Melalui Asupan Protein Hewani

Tideng Pale- (Sipedet News) – Pada Masa Pandemi Covid-19 ini tubuh dituntut untuk tetap fit dan sehat agar dapat melawan terhadap penyakit yang akan masuk kedalam tubuh kita.  Melalui Gerakan Cinta Minum Susu, Makan Daging dan Telur (Ku Suka Dia Tu) Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung berupaya untuk terus berkampanye agar masyarakat selalu meningkatkan asupan protein hewan sehingga tubuh akan sehat dan dapat mempertahankan upaya masuknya sumber penyakit.

Sebagaimana diketahui bahwa Daging, Susu, Telur dan Madu adalah sumber pangan berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh. Selain karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral, protein juga merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Selain itu, protein hewani juga membentuk otak manusia dan sel darah merah, sehingga secara langsung dapat meningkatkan fungsi otak, juga meningkatkan prestasi dan produktivitas kita.

Apa Itu Protein Hewani?

Protein hewani adalah jenis protein yang sesuai dengan namanya berasal dari hewan maupun produk olahan daging hewan.

Protein ini terdiri dari sejumlah komposisi, dan salah satu yang komposisi yang cukup penting adalah asam amino (kadar kandungan asam aminonya lebih tinggi daripada protein nabati. Tak hanya itu, protein ini juga mengandung sejumlah zat bergizi lainnya seperti:

  • Asam lemak omega-3
  • Zat besi
  • Vitamin D
  • Vitamin B12

Apa Manfaat Protein Hewani?

  1. Meningkatkan Performa Tubuh
  2. Mencegah Penurunan Massa Otot
  3. Memperbaiki Suasana Hati dan Kualitas Tidur
  4. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung
  5. Mengontrol Berat Badan

Agar manfaat protein ini dapat dirasakan secara maksimal pada tubuh Anda, perlu diketahui asupan protein yang ideal yang dibutuhkan tubuh kita dalam sehari. Estimasi kecukupan gizinya adalah sebagai berikut:

  1. Kebutuhan protein 1.0-1.5 g/kg BB atau 35-72 g/anak sekolah & remaja/hari;
  2. Kebutuhan protein hewani 7-15 g/hari atau 1-2 porsi (60-120 g)/hari; dan
  3. Protein untuk anak 1-18 tahun dianjurkan lebih tinggi dari yang dikonsumsi oleh orang dewasa.

Sumber Protein Hewani ?

Tidak sulit untuk menemukan sumber protein hewani. Pasalnya, protein ini terkandung di dalam jenis makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Sumber protein ini adalah sebagai berikut:

  • Daging merah (sapi, kambing, babi),
  • Daging unggas (ayam, bebek, burung),
  • Makanan laut (ikan, udang, cumi, dsb.),
  • Telur,
  • Susu,
  • Keju, dan
  • Yogurt

Ayo penuhi asupan protein kita sesuai takaran ideal diatas sesuai yang telah disosialisasikan pemerintah Indonesia. Yang perlu diingat, kendalikan porsi dan frekuensi konsumsinya sesuai dengan estimasi kecukupan gizinya. Semoga bermanfaat!. Admin.