Sosialisasi dan BIMTEK Budidaya Kambing di Desa Sesayap Selor

Sosialisasi dan BIMTEK Budidaya Kambing di Desa Sesayap Selor

Tideng Pale - (Sipedet News) - Pada hari senin tanggal 1 Agustus 2022 bertempat di Aula Desa Sesayap Selor dilaksanakan kegiatan Sosialisasi dan BIMTEK Budidaya Kambing dengan narasumber dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Ir. A. Ikhtaful Maskur M., S.Pt., M.M., IPM., ASEAN Eng. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 3 (tiga) kelompok tani (Poktan)  yaitu : Poktan Sepukung Jaya, Poktan Maju Bersama dan Poktan Bintang Pariama dengan undangan sekitar 45 orang.

Kepala Desa Sesayap Selor, Syamsudin dalam sambutan dan sekaligus membuka acara Sosialisasi dan BIMTEK Budidaya Kambing menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan kelompok yang hadir dapat mengikuti dengan baik sehingga materi yang akan disampaikan oleh narasumber dapat diaplikasikan sehingga tujuan dalam budidaya kambing nanti dapat tercapai sesuai harapan dan mimpi KTT mempunyai desa komoditas kambing atau desa kambing dapat terpenuhi.

Dalam kesempatan tersebut, Ikhtaful lebih menekankan pada strategi memulai usaha peternakan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan yang dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi sehingga para anggota kelompok calon peternak akan lebih memahami bahwa dalam budidaya ternak kambing tidak cukup hanya dengan semangat tetapi harus mempunyai strategi yang baik agar berhasil. Ilmu yang cukup terkait dengan budidaya seperti pemilihan bibit, penyediaan dan pemberian pakan, perencanaan kandang yang memenuhi persyaratan kesehatan, pemeliharaan yang baik dengan sistem perkawinan yang baik, pengawasan terhadap penyakit serta teknologi dan marketing serta perencanaan produksi merupakan faktor-faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan, tambah Ikhtaful. Admin.