Sosialisasi Usaha Ternak Kambing, Aplikasi Sipenaku dan Angon

Sosialisasi Usaha Ternak Kambing, Aplikasi Sipenaku dan Angon

Tideng Pale - (Sipedet News) - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Tana Tidung bekerja sama dengan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan mengadakan kegiatan Sosialisasi beternak Kambing yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 29 Desember 2022 bertempat di balai adat desa Maning Kecamatan Betayau. 

Peserta yang diundang terdiri dari para peternak kambing di wilayah Kabupaten Tana Tidung sebanyak 50 orang yang tergabung pada beberapa kelompok tani. Sebelum materi disampaikan oleh narasumber kegiatan sosialisasi di buka oleh ketua HKTI DPC Kabupaten Tana Tidung Rudi, A.Pi., M.HP yang sekaligus memberikan sambutan, sedangkan narasumber dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir. A. Ikhtaful Maskur M.

Dalam sambutannya ketua HKTI DPC Kabupaten Tana Tidung yang sekaligus sebagai ketua panitia kegiatan mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini para peternak yang hadir dapat meningkatkan dan mengubah mindset cara beternak yang baik sehingga akan meningkatkan produktivitas dari ternak itu sendiri.

Ikhtaful Maskur, sebagai narasumber lebih banyak diskusi untuk menggali lebih dalam kepada para peserta sehingga diketahui kendala yang dihadapi dilapangan. Faktor-faktor teknis yanng mempengarugi keberhasilan dalam beternak antara lain genetik, kandang dan lingkungan, nutrisi (udara, air sehat dan pakan), manajemen dan keberuntungan (non teknis).

Ketidaktahuan dengan problem utama dalam usaha ternak kambing adalah produktivitas dan populasi ternak yang rendah, karena kurang diperhatikan ternaknya, pola manajemen, seleksi negatif dan perkawinan yang inbreeding sehingga peternak harus mengenal terhadap produktivitas ternak yang rendah, manajemen perkawinan yang terjadual, tujuan produksi/pemeliharaan dan pemasaran, tambah Ikhtaful.

Pada ahir sosialisasi disampaikan terkait dengan aplikasi berbasis QR kode Sistem PerekamaN Data Ternak Terpadu (Sipenaku) yang dapat digunakan untuk mempermudah petani maupun petugas dalam mengetahui data recording hanya dengan scan dari smartphone dapat diketahui data umum, spesifik, pemilik, pengobatan dan inseminasi buatan (IB), sementara untuk pemasaran Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan juga sudah menyiapkan fitur marketplace  lApak PaloN NGalON (ANGON) pada website sipedet untuk membantu secara online pemasaran produk peternakan di Kabupaten Tana Tidung, pungkas Ikhtaful. Admin.