Sosialisasi Kredit Ternak Sejahtera (KTS)

Sosialisasi Kredit Ternak Sejahtera (KTS)

Tideng Pale (Sipedet News) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim Kaltara (Bank Kaltimtara) cabang Tideng Pale mengadakan sosialisai program Kredit Ternak Sejahtera (KTS) dalam rangka pertemuan kelembagaan rutin di Kelompok Tani Ngudi Mulyo Desa Kujau Kecamatan Betayau Kabupaten Tana Tidung pada hari Rabu tanggal 27 Desember 2017.

Kredit Ternak Sejahtera adalah Kredit yang diperuntukan kepada Perorangan/Kelompok/Koperasi yang bergerak dibidang budidaya peternakan seperti pembibitan dan penggemukan sapi, kambing, itik, dan ternak ayam.  

Kelompok Tani Ngudi Mulyo merupakan kelompok tani yang telah memiliki badan hukum dan memelihara sapi 29 ekor pada kandang kelompok. Prospek pengolahan pupuk organik dan pupuk cair pada kelompok tersebut yang telah dilakukan cukup menjanjikan, untuk meningkatkan usahanya Kelompok Tani Ngudi Mulyo dalam rencana jangka menengah berkeinginan untuk menambah modal usaha dengan membeli sapi bakalan yang akan digemukan untuk persiapan permintaan sapi Qurban pada tahun 2018.

Menurut salah seorang staf Bank Kaltimtara, Asrie Afriansyah dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa Keunggulan Kredit Ternak Sejahtera adalah : (1). Pelaku usaha dapat perorangan, kelompok dan koperasi yang bergerak di budidaya peternakan (hewan/Unggas) (2). Kredit yang diberikan dalam bentuk Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja (3). Diberikan Grace Periode dan Interest During Constructions (IDC) selama grace period. Dengan suku bunga hanya 9.00% dan dapat di angsur bunganya terlebih dahulu selama belum panen.

Untuk pemohon kelompok persyaratan nya adalah :

  1. Berita acara pembentukan kelompok
  2. Copy identitas anggota kelompok
  3. Peraturan Dasar(AD/ART) kelompok
  4. Susunan kepengurusan kelompok
  5. Pas Foto setiap anggota kelompok dan
  6. Perijinan usaha, gambaran usaha kelompok

Rekomendasi dari dinas terkait juga harus ada sebagai persyaratan, termasuk buku tabungan, agunan dan lainnya.

Menurut ketua kelompok tani Ngudi Mulyo, Eko Andaryanto rencana penambahan modal untuk pembelian sapi yang akan digemukkan tersebut tahap pertama sebanyak 10 ekor yang akan disiapkan untuk menghadapi Idul Qurban tahun 2018, diharapkan dengan adanya usaha baru ini dapat menambah pemasukan bagi anggota kelompok dan tentunya modal kelompok serta pengembangan usaha kelompok.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Mohd. Idham Nur, S.Hut melalui Kasi. Produksi dan Bina Usaha Peternakan, Septo Wardhani, S.Pt  mengatakan bahwa dengan adanya kesempatan untuk mengembangkan usahanya dan didukung oleh pendanaan dari Bank Kaltimtara diharapkan kelompok tani dapat mempergunakan semaksimal mungkin sehingga tidak hanya usaha ini yang dijalankan tetapi kedepan dapat berkembang ke usaha yang lain lagi supaya dapat diikuti oleh kelompok tani yang lain untuk mendukung Swasembada Daging di Kabupaten Tana Tidung, semoga  dengan memberikan dukungan bagi terciptanya agribisnis peternakan yang efisien dan berdaya saing, memungkinkan subsektor peternakan di Kabupaten Tana Tidung ini berkembang dengan baik untuk menjadikannya sebagai salah satu pilar penting dalam mendukung ketahanan pangan dan perekonomian nasional. (Admin)