Rapat Koordinasi Upsus Siwab se-Kaltara

Rapat Koordinasi Upsus Siwab se-Kaltara

Tideng Pale, (Sipedet News) - Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung, mengikuti Rapat Koordinasi Upaya Khusus Sapi/Kerbau Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara.

Rakor tersebut diikuti oleh seluruh Dinas yang membidangi Peternakan dan Kesehatan Hewan se-Kalimantan Utara di Kota Tarakan pada tanggal 12 – 15 Februari 2018 yang juga dihadiri Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia drh. I Ketut Diarmita, MP., Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Kepala BVet Banjar Baru Kalimanan Selatan, dari Kabupaten Tana Tidung dihadiri oleh Kepala Seksi Perbibitan dan Produksi dan Petugas Recording UPSUS SIWAB.

Pada tahun 2018 ini, target Upsus Siwab Kalimantan Utara 2500 akseptor yang dibagi disesuai dengan kondisi SDM, jumlah populasi sapi tiap Kabupaten/Kota, Kabupaten Tana Tidung mendapat target 200 akseptor yang terdiri dari 150 introduksi, reguler 50 dan IB APBD 50. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan A. Ikhtaful Maskur M. menambahkan bahwa target diatas merupakan hasil rumusan dan kesepakatan antara 5 (lima) Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Utara. Meskipun target tahun 2018 sudah disepakti bersama dan ditetapkan bisa jadi masih ada perubahan, karena masih target sementara. Berdasarkan target tersebut Kabupaten Tana Tidung mengalami penurunan target dari tahun 2017 yakni 270 akseptor menjadi 200 akseptor menyesuaikan dari target Provinsi yang juga mengalami penurunan.

Menurut Kepala Seksi Perbibitan dan Produksi, Septo Wardhani, S.Pt. yang mengikuti Rakor UPSUS SIWAB, sistem pelaporan UPSUS SIWAB pada tahun 2017 masih menggunakan sistem pelaporan manual dan iSIKHNAS, pada tahun 2018 ini hanya akan menggunakan iSIKHNAS tetapi laporan manual juga akan tetap digunakan sebagai backup data di Kabupaten Tana Tidung. Seluruh inseminator akan melakukan pelaporan secara langsung dengan menggunakan aplikasi iSIKHNAS. Pada tahun 2018 ini Kabupaten Tana Tidung juga mengusulkan pelatihan bagi inseminator non PNS yang wilayahnya sulit dijangkau oleh inseminator yaitu di Kecamatan Tana Lia, ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Tana Tidung dalam mensukseskan Program Upsus Siwab tahun 2018, lanjut Dhani (panggilan dari Septo Warhani).

Dalam rangkaian rakor juga dilaksankan Rapat Validasi Data dan Fungsi Peternakan tahun 2018 dengan beberapa agenda seperti Verifikasi dan Validasi Data Peternakan (Aspek Populasi), Verifikasi dan Validasi Data Peternakan (Aspek Pemasukan dan Pengeluaran). Verifikasi dan Validasi Data Peternakan (Aspek Pemotongan dan Produksi), Verifikasi dan Validasi Data Fungsi PKH (Aspek Bitpro dan Pakan), Verifikasi dan Validasi Data Fungsi PKH (Aspek Keswan dan Kesmavet) dan Verifikasi dan Validasi Data Fungsi PKH (Aspek PPH Nak dan Sekretariat). Admin.