Pertemuan Refresing Inseminator dan Evaluasi Kegiatan UPSUS SIWAB 2019

Pertemuan Refresing Inseminator dan Evaluasi Kegiatan UPSUS SIWAB 2019

Tideng Pale -(Sipedet News)- Tangal 16 – 18 Februari 2020 Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung, mengikuti Pertemuan Refresing Inseminator dan Evaluasi Kegiatan UPSUS SIWAB 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara.

Pertemuan tersebut diikuti oleh seluruh Inseminator se-Kalimantan Utara di Kota Tarakan yang dihadiri oleh 37(tiga puluh tujuh) orang, dari Kabupaten Tana Tidung dihadiri oleh 6 (enam) orang petugas UPSUS SIWAB.

Pemateri dari Balai Karantina Pertanian Klas I Tarakan yg disampaikan oleh drh. Azhar Kasie Karantina Hewan dengan judul “Sinergitas Balai Karantina Hewan dalam mensukseskan Sikomandan dan Gratieks Produk Pertanian dan turunannya”. Pada tahun 2020 Balai Karantina Pertanian Klas I Tarakan menjadi Pj. Supervisi Sikomandan untuk Kabupaten Malinau, Kota Tarakan dan Kabupaten Tana Tidung Tidung. Kerjasama yang akan dilakukan antara UPT.Karantina Pertanian, Bvet dan Dinas adalah memberikan keyakinan hewan yang keluar dan masuk tidak membawa dampak penyebaran penyakit, dukungan pembebasan penyakit hewan, sinkronisasi data situasi HPHK, Pemantauan daerah sebar HPHK serta persiapan IKH dan IKHS untuk pemasukan sapi impor

Kepala Bidang Peternakan dan Keswan Provinsi Kalimantan Utara, Ir. Desi Todung Datu, M.Si menyampaikan Evaluasi Upsus Siwab tahun 2019 dan upaya pencapaian target SIKOMANDAN Tahun 2020, bantuan Sarana dan Prasarana SIKOMANDAN berupa pemenuhan N2 Cair, mesin pengolahan pakan serta pencapaian target akseptor

Kabupaten Tana Tidung pada tahun 2020 mendapatkan target SIKOMANDAN 200 akseptor IB dan 500 akseptor kawin alam, yang sudah disesuaikan dengan bertambah 500 akseptor dari target sebelumnya pada tahun 2019. Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan A. Ikhtaful Maskur M., untuk tahun 2019 meskipun dengan berat target 150 akseptor IB dapat dicapai 100%, apalagi tahun 2020 meningkat menjadi 200 akseptor ini merupakan tantangan yang harus dilaksanakan sehingga target tersebut tercapai.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Pembentukan  Pengurus PARAVETINDO Kalimantan Utara dilakukan secara voting dengan memilih formatur pengurus perwakilan masing-masing Kabupaten. Pengurus Inti : Ketua Ahmad Sudarsono, Sekretaris : Imam Rohimin dan Bendahara Hari S.

Untuk memotivasi para petugas SIKOMANDAN juga dihadirkan motivator Aris Ahmad Jaya, DVM., diharapkan setelah kembali ke daerah masing-masing para petugas semakin bersemangat untuk melaksanakan tugas sehingga target masing-masing dapat tercapai dengan baik. Admin.