Pertemuan Kesmavet

Pertemuan Kesmavet

Tideng Pale- (Sipedet News)- Tanggal 27-28 Agustus Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung, mengikuti kegiatan Pertemuan Kesehatan Masyarakat Veteriner se-Kalimantan Utara tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara bertempat di Tarakan.

Pertemuan tersebut diikuti oleh seluruh Dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan se-Kalimantan, Utara dari Kabupaten Tana Tidung dihadiri oleh staf kesmavet.

Sosialisasi Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) disampaikan oleh Kepala Jasindo Tarakan, Heldi Dhimas Panji Kundalini,SKM.,AAAK,AAAIK. Dalam kesempatan tersebut Kepala Jasindo Tarakan mengharapkan tahun 2018 dapat bertambah peternak yang mengasuransikan sapinya. Bahwa AUTS yang merupakan program dari Kementerian Pertanian dapat terlaksana sesuai dengan target setiap daerah.

Pihak asuransi / Jasindo juga membayarkan klaim bagi ternak yang mati atau hilang. Klaim asuransi yang telah dibayarkan selama program AUTS ini adalah klaim kematian karena penyakit, kecelakaan dan melahirkan serta kehilangan. Berdasarkan polis yang telah diterbitkan oleh Jasindo sebagai pelaksana program, harga pertanggungan total sampai dengan bulan Agustus tahun 2018 sejumlah 66 ekor atau senilai Rp 660.000.000,- untuk 3 kelompok tani. Sedangkan pada tahun 2108 ini aka ada 2 kelompok yang rencananya akan memperpanjang Polisnya yaitu sebanyak 33 ekor yang akan jatuh tempo pada 19 Oktober 2018 dari Kabupaten Tana Tidung.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung, Ikhtaful Maskur dari 33 peserta AUTS 2017 diharapkan akan memperpanjang lagi dan tahun 2018 ini bisa bertambah dari peternak yang belum mengasuransikan sapinya. Kami berharap AUTS kedepan juga bisa dijadikan oleh peternak atau kelompok tani untuk dijadikan agunan dalam pengajuan kredit sehingga akan meringankan petani dan memberikan semangat bagi petani untuk lebih giat dan sungguh-sungguh dalam beternak, imbuh Ikhtaful. Admin.