Peringatan Hari Rabies Sedunia (KTT Zero Rabies)

Peringatan Hari Rabies Sedunia (KTT Zero Rabies)

Tideng Pale - (Sipedet News) - Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day, sering disingkat WRD) adalah sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada tanggal 28 September setiap tahun. Peringatan Hari Rabies Sedunia dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian penyakit rabies.

Hari Rabies Sedunia mulai diselenggarakan pada tahun 2007. Secara umum, pelaksanaan WRD dilakukan dengan sosialiasi kepada masyarakat dan vaksinasi rabies terhadap hewan, terutama anjing. Tujuan yang ingin dicapai oleh kampanye ini adalah menjadikan dunia bebas dari penyakit rabies pada tahun 2030(wikipedia).

Hari Rabies Sedunia mengusung tema yang berbeda setiap tahun. Tema yang dipilih tahun ini adalah Kolaborasi Berkualitas, Vaksinasi Tuntas, Rabies Bebas.

Dalam rangka memperingati WRD tersebut di Kabupaten Tana Tidung melakukan sosialisasi terkait dengan rabies, sosialisasi melalui media sosial maupun spanduk atau baliho. Di Kabupaten Tana Tidung sampai dengan saat ini masih zero rabies, sehingga belum ada program vaksinasi. Berdasarkan surat Kepala Balai Veteriner (B-Vet) Banjarbaru nomor 25007/TU.020/F5.E/11/2018 tanggal 05 November 2018 tentang Pembebasan Rabies di Kabupaten Tana Tidung Kalimantan Utara, sesuai dengan kajian epidemiologi dan peta penyakit yang diterbitkan oleh Balai Veteriner (B-Vet) Banjarbaru Kabupaten Tana Tidung menunjukkan bebas penyakit Rabies dan sudah memenuhi persyaratan untuk dilakukan pembebasan Rabies. Merujuk surat tersebut Kabupaten Tana Tidung telah menindaklanjuti dengan membuat surat permohonan kepada Menteri Pertanian agar dapat memberikan status Bebas Penyakit Rabies di Kabupaten Tana Tidung Provinsi Kalimantan Utara.

Mari kita bahu membahu mencegah rabies dengan cara:

  1. Tingkatkan kepedulian masyarakat akan bahaya rabies
  2. Jadilah pemilik hewan yang bertanggungjawab
  3. Amati perubahan perilaku hewan peliharaan anda
  4. Lakukan vaksinasi rabies secara rutin

Dengan vaksinasi anjing akan menyelamatkan nyawa manusia, karena rabies dapat di cegah 100%.

Jika anda tergigit anjing maka segera lakukan:

  1. Cucilah luka dengasabun dan air mengalir selama 15 menit
  2. Bawa segera ke puskesmas untuk mendapatkan suntikan vaksin anti rabies/serum anti rabies serta penanganan lebih lanjut
  3. Jika memungkinkan anjing ditangkap, jangan di bunuh
  4. Kasus gigitan laporkan kepada dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Penularan Rabies melalui Air liur hewan penular rabies (HPR) yang terinfeksi virus rabies melalui gigitan, cakaran dan luka yang terbuka. Virus rabies menyerang otak dan sistem syaraf mamalia, lebih dari 95% kasus pada manusia disebabkan oleh gigitan anjing, rabies akan mengakibatkan kematian jika sudah muncul gejala.

Gejala rabies pada hewan:

  1. Demam
  2. Gelisah
  3. Takut cahaya
  4. Takut air
  5. Air liur berlebih
  6. Agresif dan sensitif
  7. Menyerang obyek bergerak
  8. Lumpuh dan mati

Ayo dukung #Animal Health#. Admin