Penyampaian Program dan Kegiatan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam rangka Pembekalan PPL Pertanian

Penyampaian Program dan Kegiatan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam rangka Pembekalan PPL Pertanian

Tideng Pale - (Sipedet News) – Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ikhtaful Maskur, pada tanggal 05 Februari 2020 menghadiri undangan dari Bidang Ketahanan Pangan dan  Penyuluhan dalam rangka Pembekalan Temu Teknis Penyuluh Pertanian (PPL) Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung. Dalam kesempatan tersebut Ikhtaful didapuk menjadi salah satu narasumber untuk menyampaikan program dan kegiatan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun 2020.

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan merupakan narasumber pertama. Program dan Kegiatan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan  pada tahun 2020 disampaikan dengan tujuan agar para penyuluh yang merupakan ujung tombak keberhasilan pertanian dalam arti luas dapat mengetahui dan melaksanakan kegiatan di lapangan sesuai dengan program prioritas pada Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung. Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menitikberatkan pada progran Nasional yaitu Sapi Kerbau Andalan Negeri (SIKOMANDAN) yang  pada tahun 2020 ini mendapat target 200 Akseptor IB dan ditambah 500 Akseptor Kawin Alam (KA) total menjadi 700 Akseptor. Selain SIKOMANDAN seluruh PPL juga harus menjadi Pelapor Desa (Pelsa) yang mempunayi tugas 1. melaporkan kepada petugas apabila ada laporan dari peternak tentang kondisi ternaknya dilapangan, 2. pelaporan POPULASI setiap bulan, 3. membantu petugas dan melaporkan pemotongan di wilayah kerjanya, dan SMS PNEG setiap hari jumat, sebagai laporan tidak ada sindrom prioritas dalam seminggu.

Tugas Pelsa sangat strategis karena merupakan penyambung tangan masyarakat terutama petani peternak ke Dinas atau pemerintah, apalagi dengan adanya pelsa, wilayah binaan nya kan selalu termonitor baik oleh para petugas SIKOMANDAN. Ada beberpa pertanyaan terkait dengan kegiatan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan merupakan antara lain terkait Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS), tata cara pelaporan pelsa pada iSIKHNAS, peraturan-peraturan terkait dengan peternakan, yang dijawab dan dijelaskan oleh Ikhtaful dengan baik sampai benar-benar paham.

Ikhtaful Maskur, mengharapkan keaktifan pelsa agar segala sesuatu yang terjadi di wilayah binaan masing-masing dapat dilaporkan dan ditindaklanjuti oleh petugas Dinas sehingga apabila ada kasus dapat segera ditangani. Admin