Penggemukan sapi di Kabupaten Tana Tidung

Penggemukan sapi di Kabupaten Tana Tidung

Tideng Pale- (Sipedet News)- Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim Kaltara (Bank Kaltimtara) cabang Tideng Pale menyalurkan program Kredit Ternak Sejahtera (KTS) pada bulan Februari 2018 kepada Kelompok Tani Ngudi Mulyo Desa Kujau Kecamatan Betayau Kabupaten Tana Tidung.

Kredit Ternak Sejahtera adalah kredit yang diperuntukkan kepada perorangan/kelompok/koperasi usaha yang bergerak dibidang budidaya peternakan seperti pembibitan dan penggemukan sapi, ternak kambing, itik, dan ternak ayam.

Kelompok tani ngudi Mulyo merupakan kelompok tani yang telah memiliki badan hukum dan memelihara sapi 29 ekor pada kandang kelompok. Menurut ketua Kelompok Tani Ngudi Mulyo, Eko Andariyanto untuk meningkatkan usahanya Kelompok Tani Ngudi Mulyo dalam rencana jangka menengah yaitu menambah modal usaha dengan membeli sapi bakalan yang digemukan untuk persiapan permintaan sapi Qurban pada tahun 2018. Usaha penggemukan tersebut kami memasukkan sebanyak 7 ekor sapi bakalan sesuai dengan dana dari KTS Bankaltimtara selain untuk mengadakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Sapi telah masuk pada awal Maret 2018 diharapkan pada saat Idul Qurban nanti sudah dapat dijual dan anggota mendapatkan keuntungan memelihara selama kurang lebih 6 bulan, imbuh Eko.

Menurut Ir. Maryono, M.Si, dari Lolit Sapi Potong Grati yang berkesempatan mengunjungi kandang kelompok tani Ngudi Mulyo, masih belum termanfaatkannya alternative pakan lain (tanaman singkong, gamal, karamuning/buah tinta, cetaria) sebagai alternative pakan pengganti rumput, diharapkan dengan suplemen pakan tersebut akan menambah peningkatan bobot badan sapi sehingga program penggemukan ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan petani.

Septo Wardhani, S.Pt, Kepala Seksi Perbibitan dan Produksi, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung menyampaikan bahwa program penggemukan dengan mitra dari Bankaltimtara ini diharapkan menjadi salah satu kegiatan unggulan di kelompok tani terkhusus Kelompok Tani Ngudi Mulyo dan akan dicontoh oleh kelompok yang lain sehingga pemenuhan sapi potong di Kabupaten Tana Tidung akan terbantu terutama dalam rangka menghadapi Idul Qurban tahun 2018. Admin.