Pendistribusian Sapi Bibit PO dari LOLIT Sapi Potong Grati Pasuruhan

Pendistribusian Sapi Bibit PO dari LOLIT Sapi Potong Grati Pasuruhan

Tideng Pale- (Sipedet News) – LOLIT Sapi Potong pada tanggal 20 dan 21 Maret 2019 telah melakukan seleksi terhadap 5 kelompok tani (Poktan) yang diusulkan oleh Dinas yaitu Poktan Maju Makmur UPT Menjelutung, Poktan Sejahterda Desa Sebawang, Poktan Do Asa Ngeferuan Desa Gunawan, Poktan Ngudi Mulyo Desa Kujau dan Poktan Usaha Maju Taka Desa Buongbaru. Poktan Maju Makmur UPT Menjelutung diusulkan untuk mendapatkan Sapi Bibit dan ke-4 poktan lainnya untuk mendapatkan Pejantan Pemacek, dengan total usulan 27 ekor yang terdiri dari 15 ekor sapi bibit dan 12 ekor pejantan pemacek. Hasil seleksi Lolit Sapi Potong merekomendasikan Poktan Ngudi Mulyo Desa Kujau yang akan mendapatkan pendistribusian bibit sapi sebanyak 9 (sembilan) ekor dalam rangka kerjasama antara Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Kab. Tana Tidung dengan Loka Penelitian Sapi Potong Grati Pasuruan yang terdiri dari 1(satu) ekor jantan dan 8(delapan) ekor betina.

Untuk menindaklanjuti hasil rekomendasi tersebut pada tanggal 18 November 2019 telah dilakukan pendistribusian kepada anggota poktan penerima yang didampingi oleh Kasi. Perbibitan dan Produksi, Septo Wardhani, S.Pt., MM. Sebelumnya pada tanggal 17 November 2019 malam sekitar pukul 20.05 wita dilakukan penurunan dari truk setelah menempuh perjalanan selama 10 (sepuluh) hari dari Lolit Sapi Potong menuju Poktan Ngudi Mulyo Desa Kujau Kecamatan Betayau Kabupaten Tana Tidung yang dilanjutkan dengan pertemuan dengan poktan dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (Sugeng Haryono, S.Sos), Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (A.Ikhtaful Maskur M, S.Pt, MM), Kasi. Perbibitan dan Produksi (Septo Wardhani, S.Pt., MM), Kasi. Keswan, Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran (Aminah Made, S.Pt) dan staf serta pendamping dari Lolit Sapi Potong (Nanang Hari Kurniawan).

Plt. Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kab. Tana Tidung Sugeng Haryono, mengucapkan terima kasih kepada Lolit sapi potong yang telah memberikan bantuan sapi PO kepada poktan Ngudi Mulyo untuk menambah populasi pada usaha pembibitan sapi potong guna mendukung program Upsus Siwab di Kab. Tana Tidung serta diperlukan kerjasama yang baik termasuk supervisi dan pendampingan supaya bisa berhasil mencapai target populasi yang ditetapkan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ikhtaful Maskur berharap amanah yang telah diberikan oleh Lolit Sapi Potong Grati Pasuruhan kepada Poktan Ngudi Mulyo agar dapat dilaksanakan dengan baik dan dibuktikan bahwa tujuan dari Lolit terkait Penangkaran sapi POGASI hasil riset untuk dikembangkan di Kabupaten Tana Tidung tercapai. Admin.