Pembinaan dan Verifikasi Usulan Kelompok Calon Penerima Bantuan 2020

Pembinaan dan Verifikasi Usulan Kelompok Calon Penerima Bantuan 2020

Tideng Pale- (Sipedet News) – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara melakukan Pembinaan dan Verifikasi Usulan Kelompok Calon Penerima Bantuan 2020 pada tanggal 18-19 Oktober 2019. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara Ir. Desi Todung Datu, M.Si dan Kasi. Perbibitan Patmi, S.Pt., M.Si yang didampingi oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Kab. Tana Tidung Ikhtaful Maskur dan Kasi. Perbibitan dan Produksi Septo Wardhani, S.Pt melaksanakan pembinaan dan verifikasi kelompok tani (Poktan).

Pembinaan dilakukan pada 3 (tiga) Poktan yang mendapatkan bantuan tahun 2015 yaitu Poktan Sejahtera Desa Sebawang, Poktan Do Asa Ngeferuan Desa Gunawan dan Poktan Ngudi Mulyo Desa Kujau serta 1 (satu) poktan yang diusulkan oleh Dinas yaitu Poktan Maju Makmur UPT Menjelutung untuk dilakukan verifikasi. Dari 3 Poktan yang di kinjungi mereka merasa senang karena ada kemajuan terhadap poktan masing-masing meskipun tidak sama tetapi ada harapan berkembang.

Desi berharap agar ditingkatkan kelembagaannya sehingga segala permasalahan dapat diselesaikan dalam kelompok, dengan adanya pertemuan rutin anggota dapat menjalin kerjasama dan tukar pikiran terkait dengan pengalaman masing-masing sehingga saling melengkapi. Hal senada disampaikan oleh Patmi bahwa tidak ada kemajuan poktan tanpa ada kebersamaan dan rutinitas bertemu sesama anggota.

Kesempatan yang lain pada saat melakukan verifikasi di pokan Maju Makmur UPT Menjelutung mereka juga berpesan agar pola pemeliharaan di kelompok dan kekompakan kelompok ditingkatkan dan dilakukan pertemuan rutin agar informasi dan masukan dapat di terima oleh seluruh anggota kelompok.

Ikhtaful Maskur selaku Kabid. Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara yang telah memberikan bantuan untuk kemajuan peternakan di Kabupaten Tana Tidung dan selalu melakukan pembinaan terhadap poktan-poktan yang menerima bantuan. Poktan yang diusulkan untuk mendapatkan Sapi Bibit juga diharapkan dapat mempersiapkan segala sesuatunya baik itu kandang, hijauan pakan ternak (HPT) dan lainnya sehingga ketika bantuan datang sudah siap semua, imbuh Ikhtaful.

Menurut Septo Wardhani, persiapan poktan sudah maksimal hanya perlu penambahan hijauan pakan ternak (HPT) yang memadai karena kandang sudah ada tinggal finishing. Harapan kami kepastian calon penerima lah yang kami tunggu agar kami dari Kabupaten juga dapat mempersiapkan pendampingan dan pembinaan selanjutnya, ucap Dani. Admin.