Pelatihan Manajemen Pemeliharaan Ternak Babi

Pelatihan Manajemen Pemeliharaan Ternak Babi

Tideng Pale - (Sipedet News) - Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung (KTT), melaksanakan kegiatan Pelatihan Manajemen Pemeliharaan Ternak Babi pada kamis (04 Juli 2024) di Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung dalam rangka pendampingan pendistribusian ternak bibit babi landrace sejumlah 10 ekor yang akan di terima kelompok tani Glate Jaya Desa Gunawan.

Kegiatan pelatihan diikuti 25 orang anggota kelompok dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan dalam hal ini diwakilkan oleh Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan yaitu Bapak Septo Wardhani, S.Pt., MMKepala Dinas Perindakop & UKM KTT, Kepala Dinas Sosial dan PMD KTT, Kepala Desa Gunawan beserta Staf Desa .

Narasumber pada pelatihan tersebut yaitu drh. Devi Merry Angela dimana dengan fokus materi manajemen pemeliharaan dan manajemen kesehatan babi.

Devi, menjelaskan bahwa untuk mendapatkan keberhasilan dalam memelihara ternak babi tergantung pada kemampuan peternak dalam mengendalikan peranan faktor-faktor penentu dalam usaha mengekploitasi sifat tersebut. Ternak babi sangat sensitif terhadap pengaruh makanan yang tidak tercukupi dan terhadap tatalaksana pemeliharaan yang kurang baik, karena pertumbuhan yang luar biasa cepatnya menuntut kebutuhan makanan bermutu tinggi. Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam menjalankan usaha ternak babi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan anatara lain ketersediaan bibit yang memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitas dan tatalaksana pemeliharaan yang meliputi perkandangan, kebersihan kandang, pemeliharaan induk, anak babi, babi jantan dan babi usia tumbuh serta penanganan hasil produksi. 

Menurut Devi, terdiri atas dua penyakit yaitu 1. penyakit menular; 2. penyakit tidak menular. Untuk pencegahan terhadap kedua penyakit tersebut peternak babi dapat menerapkan biosekurity yang merupakan salah satu upaya pertahanan pertama untuk pengendalian wabah dan mencegah semua kemungkinan penyebaran penyakit, yang dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Anggota kelompok mengharapkan adanya keberlanjutan dalam pembinaan terhadap peternak babi yang ada di terutama di desa Gunawan dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Admin.