Panen Pedet

Panen Pedet

Tideng Pale - (Sipedet News) -  Pada ulang tahun Kabupaten Tana Tidung (KTT) yang ke 15 ini, hari kamis tanggal 11 Agustus 2022 bertempat di lapangan Desa Gunawan Kecamatan Sesayap dilaksanakan kegiatan Panen Pedet. Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Bupati dan isteri, Wakil Bupati dan isteri, Komandan Kodim KTT, Sekda Tana Tidung dan Isteri beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah se KTT, Camat Sesayap beserta Sekretaris Camat Sesayap, Camat Muruk Rian dan undangan lain.

Panen pedet yang di prakarsai oleh Desa Gunawan dilaksanakan juga dalam rangka memperingati hari ulang tahun Peternakan dan Kesehatan Hewan yang bertepatan pada tanggal 26 Agustus 2022. Menurut kepala desa Gunawan, Jones bahwa populasi sapi di desanya saat ini 97 ekor, merupakan salah satu populasi terbanyak diantara desa-desa di kabupaten Tana Tidung. Rudi, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan mengharapkan desa-desa yang lain bisa mencotoh dengan keberhasilan sektor peternakan di Desa Gunawan. Sedangkan Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali mengapresiasi keberhasilan sektor peternakan terkhusus di Desa Gunawan. Ini merupakan kerja keras bukan satu dua hari, melainkan perjalanan panjang bertahun-tahun dengan sinergitas yang baik antara masyarakat dan aparatur terutama bidang peternakan dan kesehatan hewan, imbuh Ibrahim Ali.

Dalam kegiatan tersebut (panen pedet) juga dilakukan penyerahan secara simbolis beberapa bantuan, perguliran sapi dan klaim Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS), pelayanan kesehatan hewan, Inseminasi Buatan (IB), pemeriksaan kebuntingan (PKb) menggunakan Ultrasonografi (USG), proses pembuatan pupuk organik/kompos dan pameran kompos hasil produksi kelompok tani Do Asa Ngeferuan. Admin.