Mengenal TELUR HE (Hached Eggs)

Mengenal TELUR HE (Hached Eggs)

Tideng Pale - (Sipedet News) – Beberapa minggu terakhir sedang banyak beredar informasi Telur infertil atau telur HE (Hached Eggs) yang dijual dipasaran. Untuk mengetahui apa itu Telur infertil atau telur HE (Hached Eggs) kami sampaikan informasi terkait dari berbagai sumber. Telur infertil atau telur HE (Hached Eggs) merupakan telur infertil atau telur yang tidak bisa ditetaskan menjadi anakan ayam atau DOC (day old chicken). Selain dari telur infertil, telur HE bisa berasal dari telur fertil atau telur tertunas. Telur tersebut sengaja tak ditetaskan perusahaan breeding. Alasannya antara lain suplai DOC yang sudah terlalu banyak, sehingga biaya menetaskan telur lebih mahal daripada harga DOC. Melihat masih banyaknya telur HE yang beredar di pasar.

Kementerian Pertanian menyurati perusahaan-perusahaan breeding agar tidak lagi menjual telur HE, baik fertil maupun infertil. Jika masih melanggar, sanksinya berupa peringatan tertulis hingga pencabutan izin usaha. Sebagaimana Surat Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan nomor 38173/PK.020/F/04/2020 tanggal 29 April 2020 perihal Pelarangan Penjualan Telur Tertunas (HE). Larangan menjual telur HE diatur dalam Permentan Nomor 32/Permentan/PK.230/2017 diatur tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi. Dalam Bab III pasal 13 disebutkan, pelaku usaha integrasi, pembibit GPS, pembibit PS, pelaku usaha mandiri dan koperasi dilarang memperjualbelikan telur tertunas dan infertil sebagai telur konsumsi.

Telur breeding sehari diambil 2 kali, masuk fumigasi lalu di grading dan diseleksi. Dari hasil grading akan ada 3 jenis telur yaitu :

  1. Telur abnormal (kebesaran, kuning telur double..kekecilan..bentuk tidak teratur) telur ini biasanya gak banyak dan sering u konsumsi karyawan atau jual dilingkungan setempat
  2. Telur HE adalah telur yang terbaik dibreeding yg dipersiapkan untuk diteteskan dan disimpan dalam cooling room (telur ini kuning telur dan albumennya lebih tebal dan tidak cair), biasanya telur HE semakin lama akan terjadi penurunan hatchibility dalam 1 minggu akan turun kurang lebih 1%
  3. Telur dingin/telur candling adalah telur HE yg sudah masuk mesin saat umur 18 hari transfer dari setter ke hatcher telur yang terang inilah disebut telur infertil, dimana kuning telur sudah encer karena pemanasan dan tidak jadi DOC, sebaliknya yang gelap adalah telur yang akan jadi DOC.

Telur dingin ini biasanya dijual dengan harga murah dan biasanya dipake untuk pembuatan kue dan tidak bertahan lama. Perbedaan telur ayam infertil dan telur ayam ras adalah telur ayam HE memiliki ukuran yang sama dengan telur ayam negeri, ciri paling mencolok yakni warna telur yang lebih pucat atau putih "Paling gampang bedakan kalau telur ayam peternak itu coklat atau putih agak kecoklatan, sementara ciri telur HE itu putih atau pucat". Kalau telur ayam peternak di suhu normal bisa 30 hari, telur HE bisa seminggu saja bisa bertahan. Telur ayam negeri atau ras (final stock/FS) yang dihasilkan peternak juga terkadang memiliki warna pucat. Namun, jumlahnya sangat sedikit."Kenapa bisa putih? Karena ayamnya ada trouble seperti sedang sakit. Tapi dari total telur yang diproduksi di farm, telur yang warnanya putih hanya sekitar 2-3 persen.

Pemenuhan kebutuhan konsumsi protein hewani sangatlah penting bagi tubuh. Daging, Susu, Telur dan Madu adalah sumber pangan berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh. Ayo kita jadikan menu harian agar imunitas tubuh terjaga. Kita dukung dan tingkatkan kampanye KU SUKA DIA TU (GeraKan Cinta MinUm SUsu, MaKAn DagIng dAn TelUr). Hidup sehat dan cerdas dengan konsumsi Susu, Daging dan Telur. Dihimbau kepada masyarakat Kabupaten Tana Tidung agar lebih jeli dan cermat apabila akan membeli telur, sehingga tidak salah membeli telur yang tidak Baik-Aman-Sehat-Utuh-Halal (BASUH). Admin. (Disarikan dari berbagi sumber).