Benchmark ke Mini Ranch Poktan Karya Makmur dan PT. Bramasta Sakti

Benchmark ke Mini Ranch Poktan Karya Makmur dan PT. Bramasta Sakti

Tideng Pale - (Sipedet News) - Pada hari rabu tanggal 17 November 2022, staf Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ikhtaful Maskur beserta bagian perencanaan dan program Priyo Isnoto Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan berkesempatan untuk mengunjungi mini ranch kelompok tani (poktan) Karya Makmur dan PT. Bramasta Sakti di Desa Jonggon Jaya Kecamatan Lua Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur yang didampingi oleh Ir. H. Indra Wijaya dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Tujuan dari kunjungan ini dalam rangka untuk memperoleh informasi dan data terkait dengan pengembangan padang penggembalaan/mini ranch yang dapat di adopsi di Kabupaten Tana Tidung (KTT), karena ada lokasi peruntukan sebagai mini ranch di KTT.

Sebagai upaya meningkatkan populasi dan produksi serta produktivitas sapi di KTT, mini rach merupakan sistem pengembangan sapi dengan low cost yang efisien dan efektif sehingga dapat menguntungkan para peternak.

Kelompok Tani (poktan) Karya Makmur Desa Jonggon Jaya Kec. Loa Kulu Kab. Kutai Kartanegara berjarak dari ibukota ± 35 km, anggota 20 orang dengan Ketua poktan Bapak Teguh Joko Prihatno mengelola padang penggembalaan seluas ± 40 Ha yang merupakan lahan pinjam pakai dari lahan ex tambang PT. Bramasta Sakti (3, 5 ha digunakan untuk penanaman Hijauan pakan Ternak/HPT) dengan jumlah sapi saat ini ± 200 ekor.

Menurut Pak Teguh Bibit HPT berasal dari PT. Bramasta Sakti ditanam dan diolah oleh poktan terdiri dari odot dan king grass, pagar dari swadaya poktan sedangkan sapi dari APBD I dan APBD Kab sejak tahun 2008 secara bertahap sebelum ada lokasi padang penggembalaan secara khusus, HPT yang ditanam Poktan selain untuk memenuhi kebutuhan sapi poktan dijual ke PT. Bramasta Sakti dengan harga saat ini Rp. 500/kg. Sapi yang dibudidayakan adalah sapi bali dengan sistem perkawinan alam dan ada sebagian integrasi dengan sawit sedangkan pemasarannya kerjasama dengan blantik dan untuk qurban.

Bapak L Unggul Daryatno sebagai PIC PT Bramasta Sakti yang juga lokasinya di Desa Jongon Jaya, menjelaskan bahwa PT. Bramasta Sakti merupakan salah satu perusahaan pengelolaan lahan ex tambang di Kalimantan Timur sebagai kwajiban perusahaan untuk reklamasi dengan luasan ± 500 ha, kegiatan saat ini fokus pada penggemukan/feddloot dengan luasan HPT 12.3 ha, kandang 2 buah kapasitas 200 ekor jumlah sapi saat ini ±100 sapi terdiri dari sapi bali 90 ekor sapi simental 6 ekor dan  pedet simental 4 ekor), sedangkan khusus untuk pembibitan sapi bali 6 ekor digembalakan, sedangkan jenis HPT yang ditanam untuk pakan hanya odot dengan penambahan solid sawit sebanyak 20 % dari pemberian pakan hariannya, untuk stok pakan dibuat silase selain odot lahan tersebut juga ditanami jagung dengan limbah jagung juga digunakan sebagai pakan. Pemasaran sapi dikerjasamakan dengan poktan dan blantik rumah potong hewan (RPH) imbuh Unggul.

Dengan adanya data dan informasi dari dua lokasi tersebut, diharapkan kedepannya KTT dapat mengembangkan padang penggembalaan atau mini ranch sesuai dengan kondisi lahan dan kearifan lokal setempat.