Kegiatan Vaksinasi PMK Pada Ternak Babi

Kegiatan Vaksinasi PMK Pada Ternak Babi

Tideng Pale - (Sipedet News) - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan menular. Penyakit ini juga menyerang semua jenis hewan ternak atau hewan liar yang berkuku belah atau genap seperti hewan ternak Sapi, Kerbau, Babi, Kambing, Domba dan termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan beberapa hewan lainnya.

Meskipun kegiatan vaksinasi PMK pada hewan ternak sapi saat ini masih terus berjalan, namun dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus PMK pada hewan rentan lainnya, Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung melalui tim dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menyelenggarakan kegiatan Suntikan Vaksin PMK untuk hewan ternak babi yang dilaksanakan sejak September lalu di seluruh desa yang berada di Kabupaten Tana Tidung. Hingga saat ini total Babi yang di vaksin sebanyak 785 Ekor.

Layaknya vaksin Covid-19, vaksinasi PMK ini juga memiliki tujuan yang di antaranya adalah pembatasan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak, melindungi kelompok hewan dengan nilai tinggi, dan mengurangi dampak ekonomi akibat penyebaran PMK. Admin.