Hari Rabies Sedunia 2024

Hari Rabies Sedunia 2024

Tideng Pale – (Sipedet News) - Hari Rabies Sedunia diperingati setiap 28 September setiap tahunnya. Tanggal tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap Louis Pasteur selaku orang pertama yang menciptakan vaksin rabies.
Untuk melampaui norma dan menerobos batasan yang menghalangi kita mencapai eliminasi rabies, diperlukan langkah melampaui status quo agar dapat mencapai tujuan, yaitu Nol pada 2030, sehingga Tema Hari Rabies Sedunia tahun ini adalah "Breaking Rabies Boundaries/Mendobrak Batasan Rabies". Selain itu, ada makna ganda dalam tema ini, yaitu rabies sendiri melanggar batas-batas internasional karena rabies adalah penyakit lintas batas.
Dikutip dari laman Global Alliance for Rabies Control melalui https://www.rri.co.id/ begitu banyak batasan yang berpotensi menghalangi capaian itu, tema ini sengaja dibuat terbuka agar dapat digunakan untuk mengatasi batasan-batasan ini, mulai dari One Health, kolaborasi lintas penyakit, batasan hingga vaksinasi, dan masih banyak lagi. Rabies dikenal sebagai salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Karena sifat penyakit yang sangat berbahaya maka dicetuslah Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day, sering disingkat WRD).
Sosialisasi kepada masyarakat tentang penyakit rabies dan vaksinasi rabies terhadap hewan dilakukan sejak tahun 2007 yang ditetapkan sebagai Hari Rabies Sedunia. Tingkat bahaya yang sangat tinggi tersebut membuat rabies menjadi perhatian khusus oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Rabies merupakan penyakit menular berbahaya yang dapat ditularkan oleh hewan ke manusia (zoonosis) dan menyebabkan kematian. Admin