Hari Rabies Sedunia 2023

Hari Rabies Sedunia 2023

Tideng Pale - (Sipedet News) – Setiap tanggal 28 September di peringati sebagai Hari Rabies se-Dunia, tahun 2023 ini bertepatan dengan hari Kamis. Kabupaten Tana Tidung (KTT), sesuai dengan kajian epidemiologi dan peta penyakit yang diterbitkan oleh Balai Veteriner (B-Vet) Banjarbaru, menunjukkan bebas penyakit Rabies dan sudah memenuhi persyaratan untuk dilakukan pembebasan Rabies, merujuk pada surat Balai Veteriner (B-Vet) Banjarbaru nomor 25007/TU.020/F5.E/11/2018 tanggal 05 November 2018 tentang Pembebasan Rabies di Kabupaten Tana Tidung Kalimantan Utara.


Berdasarkan surat dari B-Vet Banjarbaru diatas Pemerintah Kabupaten Tana Tidung pada tanggal 10 Januari 2019 telah menyampaikan Surat Permohonan Pembebasan Rabies kepada Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Namun berjalannya waktu sebelum keputusan pembebasan rabies tersebut terbit ternyata ada kasus di Kabupaten tetangga yaitu Kabupaten Bulungan, sehingga sampai saat ini masih di pending sampai dengan waktu yang belum ditentukan karena tentu akan sangat berpengaruh apalagi antara Bulungan dan KTT berbatasan langsung dan lalu lintas Hewan Penular Rabies (HPR) sangat mungkin terjadi. Semoga dengan hasil kajian tersebut akan menjadi dasar KTT di etakannya seagai daerah bebas rabies kedepannya.


Dalam rangka mensosialisasikan terhadap rabies, kita terus melakukan Komunikasi, Infomasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang bahaya penyakit rabies, tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi kasus gigitan HPR, dan pentingnya tata cara pemeliharaan HPR yang baik dan bertanggungjawab. Agar masyarakat segera melaporkan kasus yang ditemukan untuk tindakan dan penanganan lebih lanjut dan peningkatan pengawasan lalu lintas Hewan Penular Rabies antar wilayah terutama perbatasan antar kabupaten. Selamat hari rabies sedunia “All For 1, One Health For All”. Admin.