Hari Hewan Sedunia

Hari Hewan Sedunia

Tideng Pale - (Sipedet News) - World Animal Day atau Hari Hewan Sedunia yang dirayakan tiap tanggal 4 Oktober pertama kali dilaksanakan di Sport Palace, Berlin, Jerman, pada 1925. Berikut sejarah Hari Hewan Sedunia, dilansir situs resmi WorldAnimalDay, tanggal 4 Oktober dipilih sebagai Hari Hewan Sedunia karena itu merupakan tanggal wafatnya Santo Fransiskus dari Assisi. Ia adalah santo pelindung ekologi, termasuk hewan. Bahkan legenda mengatakan Santo Fransiskus mampu berbicara dengan hewan. Maka itu hari kematian Santo Fransiskus dari Assisi diadopsi sebagai Hari Hewan Sedunia.

Dikutip dari detik.com, bahwa Heinrich Zimmermann merupakan pencetus utama Hari Hewan Sedunia. Ia seorang jurnalis, editor, penulis dan aktivis perlindungan hewan. Setiap tahun Zimmermann tak henti mempromosikan Hari Hewan Sedunia. Pada Mei 1931, di sebuah kongres organisasi perlindungan hewan dunia di Kota Florence, Italia, proposalnya untuk mencetuskan 4 Oktober menjadi Hari Hewan Sedunia diterima dengan suara bulat.
Sebagai penulis dan penerbit dari majalah Mensch und Hund atau Man and Dog, Zimmermann menggunakan majalahnya untuk mempromosikan kesejahteraan hewan kepada masyarakat umum dan membentuk Komite Hari Hewan Sedunia.

Banyak cara yang mudah untuk memperingati Hari Hewan Sedunia, di antaranya dengan:

  1. Mengadakan acara kesadaran dan pendidikan mengenai hewan,
  2. Mengadakan acara adopsi hewan,
  3. Mengadakan acara kesadaran dan vaksinasi pencegahan rabies,
  4. Meningkatkan kesadaran tentang masalah kesejahteraan hewan terancam punah.

Kemanusiaan berarti bersikap baik kepada semua makhluk hidup termasuk pada hewan. Ayo sayangi hewan kita, Admin