Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) dan Hari Pangan Sedunia 2024

Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) dan Hari Pangan Sedunia 2024

Tideng Pale - (Sipedet News) - Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) diperingati setiap tanggal 15 Oktober, sedangkan Hari Pangan Sedunia (HPS) diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi telur dan daging ayam, terutama pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Melalui "GeraKan Cinta MinUm SUsu MaKAn DagIng dAn TelUr (KU SUKA DIA TU) mari kita tingkatkan asupan gizi anak-anak kita dengan ayam dan telur setiap hari sehingga akan meingkatkan daya tahan tubuh dan kecerdasannya.

Puncak Hari Ayam dan Telur Nasional 2024 dipusatkan di Surakarta Jawa Tengah pada tanggal 13 Oktober 2024 lalu dan merupakan serangkaian acara WED 2024 yang telah digelar sejak 2 September 2024 dibuka dengan lomba memasak berbahan dasar telur dengan peserta setingkat siswa SMA se-Kabupaten Boyolali. HATN ini bukanlah yang pertama kali digelar, perhelatan yang diinisiasi oleh Pinsar Indonesia sejak tahun 2013 tersebut merupakan agenda rutin insan perunggasan Indonesia yang bahkan diakui oleh International Egg Comission sejak tahun 2016.

"Telur merupakan sumber protein yang paling murah dibanding dengan yang lain. Selain itu kandungan asam amino esensial yang ada di dalam telur juga komplit, beberapa jurnal dan penelitian juga membuktikan kalau telur dapat menjadi salah satu sumber pangan dalam mencegah dan menangani stunting,"

HATN juga diharapkan dapat membantu menyukseskan program pemerintah KU SUKA DIA TU dalam program makan bergizi gratis serta peningkatan kesadaran gizi di masyarakat, juga dapat menyerap daging dan telur ayam dari peternak rakyat yang ada di Kabupaten Tana Tidung.

Hari Pangan Sedunia (HPS) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat dunia terhadap pentingnya penanganan masalah pangan. HPS juga mengingatkan bahwa kekuatan setiap negara ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat secara berkelanjutan. Peringatan ini dibentuk di bawah Organisasi Pangan dan Pertanian PBB yaitu Food and Agriculture Organization (FAO) yang diperingati pertama kali pada tahun 1979. Sejak saat itu, setiap tahun peringatan ini terus digunakan untuk mempromosikan gagasan dan kampanye akan pentingnya menjaga kehidupan bumi dan bijak dalam mengelola pangan. 

Tema HPS tahun ini 'Hak Atas Pangan untuk Kehidupan dan Masa Depan yang Lebih Baik'.  Makanan diakui sebagai kebutuhan manusia paling dasar ketiga (setelah udara dan air), serta hak asasi manusia dasar berdasarkan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB dan dua perjanjian internasional yang mengikat secara hukum, bahkan dunia menghasilkan cukup makanan untuk memberi makan semua penghuninya namun, kelaparan masih dialami oleh 10% dari populasi global dengan misi FAO untuk mengakhiri kelaparan dunia dan meningkatkan standar hidup masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan.

Dengan tema Hari Pangan Sedunia tahun ini, Organisasi Pangan dan Pertanian menyerukan hak atas pola makan yang beragam dan kaya nutrisi yang terjangkau, mudah diakses, dan aman untuk semua orang. Admin.