Bimtek Usaha Ekonomi Produktif (UEP)

Bimtek Usaha Ekonomi Produktif (UEP)

Tideng Pale - (Sipedet News) - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara, dalam rangka melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan usaha bagi individu dan  kelompok usaha bersama (KUBE) di Kabupaten Tana Tidung (KTT) yang difasilitasi oleh Dinas Sosial dan PMD KTT dengan menggandeng Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan KTT bidang peternakan dan kesehatan hewan (PKH) sebagai narasuber dan dilaksanakan selama 2 hari pada Senin s/d Selasa (15 s/d 16 Juli 2024) di dua tempat yang terpisah yaitu di Dinas Sosial PMD pada hari pertama dan hari kedua di Desa Bandanbikis.

Dua KUBE di KTT tahun 2024 mendapatkan bantuan UEP yaitu KUBE Incuload Taka Desa Bandanbikis Kecamatan Sesayap Hilir mendapatkan bantuan ternak kambing dan KUBE Mbaya Talu Desa Rian Kecamatan Muruk Rian mendapatkan bantuan ternak babi.

Kegiatan hari pertama di Dinas Sosial PMD KTT dengan menghadirkan KUBE Mbaya Talu Desa Rian Kecamatan Muruk Rian yang diawali sambutan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin (PFM), Arminsyah. Menurut Arminsyah UEP adalah di bidang ekonomi yang dilaksanakan oleh rumah tangga dan atau kelompok usaha Ekonomi/ Poktan/ Gapoktan/ Koperasi/Koperasi Tani/KUD untuk meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja dan ketahanan pangan masyarakat berbasis sumberdaya lokal. Sedangkan Kegiatan Usaha Ekonomi Produktif adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan bantuan penguatan modal usaha untuk kegiatan usaha ekonomi produktif dan memberikan bantuan modal untuk pembuatan kue serta pembelian ternak sehingga diharapkan mampu meningkatkan ketersediaan pangan bagi rumah tangga rawan pangan/ miskin kelompok sasaran/binaan pedesaan dan perkotaan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa maksud dari pengembangan dan peningkatan UEP ini adalah untuk mendorong terjadinya peningkatan aktivitas dan kreativitas usaha pada kelompok masyarakat di daerah rawan pangan/miskin, sedangkan pemberian bantuan modal untuk pembuatan kue dan pembelian bibit ternak bagi usaha ekonomi individu maupun kelompok usaha bersama (KuBe)  dimaksudkan untuk meningkatkan dan pengembangan usaha kelompok dan keluarga dalam upaya meningkatkan produktifitas serta pemanfaatan lahan produktif untuk komoditi ternak serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Adapun tujuan kegiatan UEP adalah:

1) Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat;

2) Menciptakan lapangan kerja dan menumbuhkan jiwa kewirausawan; 

3) Mengembangkankegiatan dan kesempatan berusaha berbasis potensi lokal;

4) Meningkatkan pendapatan;

5) Meningkatkan ketahanan pangan dan mengembangkan stok pangan lokal (cadangan pangan).

Narasumner hari pertama yaitu Sigit Joko Sarjono,S.ST, dengan materi manajemen pemeliharaan babi.Sigit mengupas tuntas terkait dengan usaha pengembangan babi mulai dari pemilihan bibit, perkandangan, pakan, penyakit sampai dengan pasca panen.

Hari kedua kegiatan dilaksanakan di Desa Bandanbikis yang dihadiri oleh sekitar 20 orang anggota KUBE Incuload Taka Desa Bandanbikis Kecamatan Sesayap Hilir dengan narasumber dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan La ode Muhamad Jaib, S.Pt dan Chun Cahyo Nur Handabi, S.Tr.Pt .

Kepala Desa Bandanbikis, Yuliansyah dalam sambutan dan sekaligus membuka acara  menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan penyaluran bantuan pada kelompok ini diharapkan kelompok dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh Dinas sosial Provinsi Kaltara ini sebaik mungkin sehingga bantuan tersebut akan meningkat dan dapat mensejahterakan kelompok. Selain itu Kepala bidang Penanganan Fakir Miskin (PFM), Arminsyah dalam sambutannya juga mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan berupa uang yang akan disalurkan ke rekening kelompok, sehingga penggunaanya harus disesuaikan dengan proposal yang telah dibuat oleh kelompok yaitu untuk pembelian ternak kambing. Bibit yang nantinya akan dibeli kelompok harus sesuai dengan spesifikasi, selain itu bantuan yang diserahkan juga akan selalu dimonitoring oleh Dinas Sosial Provinsi Kaltara, tambah Arminsyah.

Narasumber menyampaikan materi terkait manajemen pemeliharaan dan kesehatan hewan ternak kambing yang selanjutnya dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi . Anggota kelompok mengharapkan adanya keberlanjutan dalam pembinaan terhadap peternak yang ada di wilayah Bandanbikis oleh tim teknis dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Admin.