Bimtek Pengolahan Sarang Burung Walet

Bimtek Pengolahan Sarang Burung Walet

Tideng Pale - (Sipedet News) - Bertempat di Aula Gedung Sarana Prasarana Pencucian Sarang Burng Walet (SBW) Desa Sesayap Selor pada tanggal 14-16 November 2023 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan Sarang Burung Walet dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia pengolahan SBW di Kabupaten Tana TIdung (KTT).

Dihadiri oleh 20 peserta dari perwakilan beberapa desa, dengan narasumber dari Food Standar Konsultan Jakarta. Selama 3 hari peserta mengikuti Bimtek dengan diawali pretest sebelum materi disampaikan oleh narasumber dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman peserta terkait dengan pengolahan produk SBW. 5 macam produk yang di buat selama Bimtek antara lain: 1) Minuman Madu Walet, 2) Puding Injar Walet, 3) Selai Nanas Walet, 4) Zupper Walet dan 5) Sirup Jeruk Walet. Kelima produk tersebut diharapkan dapat dikembangkan oleh peserta karena bahan-bahan yang digunakan juga relatif mudah di dapatkan di KTT sehingga akan menjadi produk unggulan dan meningkatkan nilai tambah dari SBW grade yang paling rendah atau patahan.

Sebelum penutupan pada hari ketiga dilakukan post test untuk mengetahui sejauh mana para peserta dapat menyerap materi dan praktik yang telah dilakukan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan dan perbaikan pada panitia maupun narasumber agar kedepan semakin lebih baik. Admin