Bimtek Pendataan dan Penandaan Hewan

Bimtek Pendataan dan Penandaan Hewan

Tideng Pale - (Sipedet News) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara mengadakan bimbingan Teknis (bimtek) Pendataan dan Penandaan Hewan dalam rangka penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi petugas Training of Trainers (ToT) di Tideng Pale pada tanggal 18 Agusus 2022. 

Kegiatan ToT ini dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung Bapak Rudi, A.Pi, M.HP, diikuti oleh 24 orang peserta yang terdiri dari seluruh staf Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, perwakilan dari peternak, serta perwakilan dari Kepolisian Sektor sesayap dan Sesayap Hilir. Narasumber kegiatan ini dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara.

Dalam upaya penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, akan dilakukan penandaan dan pendataan hewan ternak yang ada di wilayah Kabupaten Tana Tidung. Penandaan dan pendataan ternak pra vaksinasi PMK menggunakan anting telinga atau Eartag yang telah disediakan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, yang terhubung secara digital. Penandaan dan pendataan secara digital ini diharapkan dapat mendukung optimalisasi pelaksanaan vaksinasi di lapangan. Admin.