PERDA PENYELENGGARAAN PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN DISAHKAN

PERDA PENYELENGGARAAN PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN DISAHKAN

Tideng Pale (Sipedet News) – Setelah melalui proses yang panjang sejak tahun 2014 diperjuangkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Peternakan Dan Kesehatan Hewan di sahkan atau diundangkan pada tanggal  08 Oktober 2018. Dengan adanya regulasi yang mengatur peternakan dan kesehatan hewan diharapkan dapat meningkatkan kinerja Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan sehingga staf Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan dalam melaksanakan tupoksinya sudah ada payung hukum yang menaunginya, tentunya akan membuat lebih tenang dan aman dalam bekerja karena sudah ada aturan yang mengikat.  

Menurut Kepala Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan, Ikhtaful Maskur dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Peternakan Dan Kesehatan Hewan ini program dan kegiatan Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan dapat berjalan lebih baik. Tugas berat yang diemban Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan meliputi kebijakan di bidang perbibitan, produksi, peternakan dan kesehatan hewan, perlindungan serta pengolahan dan pemasaran hasil di bidang peternakan; pengelolaan sumber daya genetik hewan; perencanaan kebutuhan dan penyediaan benih/bibit ternak, pakan ternak, dan benih/bibit hijauan pakan ternak; pemberian bimbingan penerapan peningkatan produksi ternak; pengendalian penyakit hewan dan kesehatan masyarakat veteriner; pengawasan peredaran dan pengunaan serta sertifikasi benih/bibit ternak, pakan, hijauan pakan ternak, dan obat hewan; pengawasan pemasukan dan pengeluaran hewan, dan produk hewan; pelaksanaan sertifikasi persyaratan teknis kesehatan masyarakat veteriner dan kesejahteraan hewan; pemberian izin/rekomendasi di bidang peternakan, kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner; pemberian bimbingan pascapanen, pengolahan dan pemasaran hasil di bidang peternakan; pemantauan dan evaluasi di bidang peternakan dan kesehatan hewan serta kegiatan lain yang mendukung pencapaian kinerja Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, terang Ikhtaful.

Ditambahkan Ikhtaful bahwa ini merupakan salah satu target Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk mewujudkan peternakan yang profesional dan maju menuju pengembangan peternakan Tana Tidung berbasis sumber daya lokal yang berdaulat dalam rangka pemenuhan ketahanan pangan.

Peran peternakan dan kesehatan hewan juga sangat strategis berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan dan pemenuhan kecukupan pangan yang bermutu dan terjangkau. Para petugas harus lebih cerdas dan lebih profesional dalam melayani masyarakat dalam hal ini peternak dan ternaknya agar bisa bersaing di era keterbukaan saat ini. Inovasi-inovasi dalam pengembangan peternakan sangat dibutuhkan agar ada perubahan besar dalam membangun peternakan untuk peningkatan produksi dan produktifitas ternak yang lebih baik sehingga peternak lebih sukses dan mandiri. Admin