Rapat Koordinasi Pemberdayaan UMKM Sarang Burung Walet

Rapat Koordinasi Pemberdayaan UMKM Sarang Burung Walet

Tideng Pale - (Sipedet News) - Pada hari Senin, 7 Agustus 2023 bertempat di Pendopo Djaparudin Tideng Pale dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemberdayaan UMKM Sarang Burung Walet dalam rangka meningkatkan kesejahteraan peternak walet dan masyarakat serta pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tana Tidung.

Rakor dihadiri oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Badan Pengawas Obat dan Makanan Perwakilan Balai Besar POM Tarakan beserta stakeholder terkait se-Kabupaten Tana Tidung.

Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali dalam sambutannya berharap Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) agar segera menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terutama oftaker dalam penjualan sarang burung walet (SBW) untuk mengoptimalkan sarana pencucian sarang burung walet yang sudah siap digunakan.

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan agar terus melakukan sosialisasi dan pendampingan secara masiv dalam percepatan registrasi nomor kontrol veteriner (NKV) bagi rumah burung walet (RBW) di Kabupaten Tana Tidung sehingga dapat memenuhi persyaratan teknis dengan yang dipersyaratkan sesuai protokal RI-RRT, imbuhnya.

Menurut Bupati nilai ekspor SBW Indonesia lebih dari 7 triliun, 70 persen lebih ke hongkong dan cina yang sebagian merupakan SBW dari Kabupaten Tana Tidung. Kabupaten Tana Tidung juga mempunyai potensi produksi SBW yang besar dengan data RBW pada tahun 2022 1454 unit. Saya berharap PERUMDA dan Asosiasi Peternak Pedagang Sarang Walet  Indonesia (APPSWI) KTT dapat bersinergi dan  berkiolaborasi agar selain meningkatkan nilai tetapi juga dapat berkontribusi pada PAD KTT, pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokus Desa Walet yaitu Desa Sepala Dalung sekaligus berdiskusi dengan masyarakat dan diakhiri dengan kunjungan ke pencucian sarang burung walet di Desa Sesayap Selor Kecamatan Sesayap Hilir. Admin.