Pertemuan Koordinasi UPSUS SIWAB

Pertemuan Koordinasi UPSUS SIWAB

Tideng Pale- (Sipedet News) - Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung, mengikuti pertemuan Koordinasi Upsus Siwab se-Kaltara yang di selenggarakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara pada tanggal 04 Oktober 2019 di Kota Tarakan yang diikuti oleh seluruh Dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan se-Kalimantan Utara dan dihadiri Pj. Puslitbangnak Bogor dan Tim Pendamping UPSUS SIWAB dari Puslitbangnak dan Lolit Grati serta Asosiasi Pemerintah Desa (APDESI) se Provinsi Kalimantan Utara.

Pertemuan Koordinasi dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara  A.M. Santiaji Pananrangi, S.IP., M.Si. Santiaji menekankan dalam sambutannya bahwa untuk mencapai target Upsus SIWAB tahun 2019 semua stakeholder yang terlibat harus mempunyai persepsi yang sama  baik secara teknis pelaksanaan maupun dari sisi tatakelola administrasi kegiatan, sehingga apa yang menjadi target program dapat tercapai sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

Narasumber dalam pertemuan ini adalah Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara (A.M. Santiaji Pananrangi, S.IP., M.Si), Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Provinsi Kalimantan Utara ( Ir. Desi Toding Datu,M. Si), Kepala Puslibangnak (Dr Ir Atien Priyanti Sudarjo Putri, M.Sc), Kepala Loka Penelitian sapi Potong Grati (Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc.)  dan Sekertaris Nasional UPSUS SIWAB (drh. Maidaswar, M. Si) yang dilanjutkan dengan pemaparan laporan relisasi target UPSUS SIWAB dari 5 (lima) Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Utara.

Pada tahun 2019 ini, target Upsus Siwab Kalimantan Utara 2000 akseptor yang dibagi disesuai dengan kondisi SDM dan jumlah populasi sapi tiap Kabupaten/Kota, Kabupaten Tana Tidung mendapat target 150 akseptor.

Target Upsus SIWAB Provinsi Kalimantan Utara pada tahun 2019 adalah sebagai berikut :

Kab/Kota

IB

PKB

Lahir

Bulungan

900

630

504

Nunukan

600

420

336

Malinau

150

105

84

Tana Tidung

150

105

84

Tarakan

200

140

112

Total

2000

1400

1120

Menurut Kepala Seksi Perbibitan dan Produksi, Septo Wardhani, S.Pt. yang mengikuti Rakor UPSUS SIWAB, pada tahun 2019 ini selain menggunakan iSIKHNAS laporan manual juga akan tetap digunakan sebagai backup data di Kabupaten Tana Tidung. Seluruh inseminator harus melakukan pelaporan secara langsung dengan menggunakan aplikasi iSIKHNAS. Dari 01 Januari s/d 30 September 2019 kelahiran 115 ekor (136,9%), pemeriksaan kebuntingan (PKb) 100 ekor (95,24%) dan 153 pelaksanaan IB pada 106 akseptor (70,67%) lanjut Dhani.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan A. Ikhtaful Maskur M. menambahkan bahwa target diatas merupakan hasil rumusan dan kesepakatan antara 5 (lima) Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Utara. Berdasarkan target tersebut Kabupaten Tana Tidung mengalami penurunan target dari tahun 2018 yakni 200 akseptor menjadi 150 akseptor menyesuaikan dari target Provinsi yang juga mengalami penurunan.

Ikhtaful berharap teman-teman inseminator Kabupaten Tana Tidung tetap semangat untuk mengejar kekurangan target yang harus terpenuhi selama kurang lebih 3 (tiga) bulan ke depan. Admin.