Pertemuan Evaluasi iSIKHNAS se Kalimantan Utara

Pertemuan Evaluasi iSIKHNAS se Kalimantan Utara

Tideng Pale- (Sipedet News)- Tanggal 27-28 Agustus Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Tidung, mengikuti Evaluasi iSIKHNAS se-Kalimantan Utara tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara di Tarakan.

Pertemuan tersebut diikuti oleh seluruh Dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan se-Kalimantan Utara, dari Kabupaten Tana Tidung dihadiri oleh medik veteriner dan petugas lapangan.

Kegiatan Evaluasi iSIKHNAS tahun 2018 meliputi :

  1. Penggunaan data iSIKHNAS (data yang tersedia setiap saat dan dapat diakses dari berbagai portal, sehingga informasi selalu tersedia untuk pengambilan keputusan, data siap untuk diolah karena input yang seragam dari semua level serta keputusan yang diambil membantu pelaksanaan pencegahan, pengendalian, pengobatan, pemberantasan, Investigasi dan respon penyakit hewan).
  2. Penggunaan iSIKHNAS Untuk pelaporan
  3. Faktor Pendukung (dukungan dana dan Benefit)
  4. Pelaporan serta Evaluasi iSIKHNAS

Hal senada disampaikan oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara, Ir. Desi Toding Datu, M.Si. penggunaan iSIKHNAS dalam Surveilans Penyakit Hewan untuk mendukung kesiagaan darurat, mengetahui Data Penyakit, perkembangan penyakit / perkembangan ternak, data yang tersedia setiap saat.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Koordinator iSIKHNAS Provinsi, drh. Richard, menekankan pada pelaporan terhadap : a. Sindrom Prioritas dan tindaklanjutnya, b. Lalu lintas hewan, c. Survelians dan pengirimannya, d. Vaksinasi, e. Calling, dan f. Status penyakit.

Drh. Rijal Mahbub yang mengikuti kegiatan tersebut berharap agar dilakukan secara rutin sehingga petugas dilapangan dapat melaporkan seluruh kegiatannya melalui iSIKHNAS tanpa ada hambatan, karena semakin sering diadakan pertemuan permasalahn-permasalahan dan kendala yang ditemui petugas dilapangan dapat diselesaikan secara cepat.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Ikhtaful  Maskur, koordinator iSIKHNAS Kabupaten memonitor setiap saat terhadap pelaporan yang dilakukan oleh petugas dilapangan, sehingga apabila ada maslah langsung bisa di bantu dalam hal penyelesaiannya dan apabila belum mendapatkan solusi akan diteruskan ke koordinator iSIKHNAS Provinsi.

Diharapkan setiap kegiatan dilapangan selalu dilaporkan setelah selesai melaksanakan sehingga tidak lupa dan bisa termonitor secara langsung apabila ada yang perlu ditindaklanjuti, imbuh Ikhtaful. Admin.