Pelatihan Budidaya Ayam Petelur

Pelatihan Budidaya Ayam Petelur

Tideng Pale - (Sipedet News) - Hari ini Senin 19 Desember 2022 bertempat di Kantor Desa Sapari Kecamatan Muruk Rian dilaksanakan Pelatihan Budidaya Ayam Petelur yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sapari. Pelatihan di ikuti oleh masayarakat desa Sapari yang pernah mendapat bantuan ayam petelur tahun 2021 dan yang akan mendapatkan bantuan tahun 2022 sebanyak 40 peserta yang juga dihadiri oleh Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Sapari, kepala adat dan lembaga adat.

Sebelum materi pelatihan terdapat sambutan Ketua BPD dan Kepala Desa Sapari sekaligus membuka acara secara resmi. Narasumber dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan yaitu Ir. A. Ikhtaful Maskur M dan Rirqi Khifni Afifuddin, S.Pt.

Dalam sambutannya Kepala Desa Sapari Bapak Eliyanto A., A,Ma.Pd,SD, berpesan agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik sehingga dapat mempraktekkan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh narasumber, apabila ada pertayanyaan silahkan untuk langsung ditanyakan dan didiskusikan supaya mendapatykan solusi yang terbaik. Kami berharap dengan adanya pelatihan ini pemasalahan-permasalahan yang dialami peternak selama memelihara dapat di tuntaskan dan bagi yang baru mau mendapatkan bantuan pastikan yang belum mengerti untuk ditanyakan kepada narasumber, imbuh Eliyanto.

Materi pertama disampaikan oleh Ikhtaful Maskur terkait dengan prospek, pengenalan jenis-jenis ayam petelur, manfaat telur, pemilihan lokasi dan bibit, formulasi pakan, jenis-jenis produk telur, proses pendaftaran nomor kontrol veteriner (NKV) dan pemasaran telur melalui marketplace LApak PaloN NGalON (ANGON) yang merupakan aplikasi pemasaran dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Materi keduan oleh Rirqi Khifni Afifuddin dengan pembahasan pada manajemen pemeliharaan, sanitasi dan pengobatan pada ayam petelur.

Antusiasme para petani membuat diskusi semakin hangat sehingga para peserta dapat menambah pengetahuan dan keilmuan tentang budidaya ayam petelur yang baik. Harapan dari Ikhtaful Maskur sebagai salah satu narasumber, kedepannya dari Desa Sapari dapat muncul brand atau merk telur di Kabupaten Tana Tidung sehingga akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa Sapari khususnya. Admin.