Monitoring dan Evaluasi Terhadap Sapi Sebar dari Loka Penelitian Sapi Potong Grati

Monitoring dan Evaluasi Terhadap Sapi Sebar dari Loka Penelitian Sapi Potong Grati

Tideng Pale - (Sipedet News) – Sebagai tindaklanjut penyebaran sapi pada tahun 2019 Tim Loka Penelitian Sapi Potong Grati yang terdiri dari Drs. Lukman Affandy S, Dr. Yenny Nur A, S. Pt, MP dan Retno Widiyawati, S. Pt melakukan Monitoring dan Evaluasi terhadap performans sapi sebar, serta perubahan kerjasama di Kelompok Tani Ngudi Mulyo Kabupaten Tana Tidung pada tanggal 16 Maret 2020. Dalam kegiatan Monev ini juga dilakukan wawancara kepada seluruh anggota kelompok tani dengan pengisian kuisioner beberapa pertanyaan, kuisioner berisi tentang dampak bantuan sapi sebar dan alasan memelihara sehingga dapat diukur output serta outcome.

Kelompok Tani Ngudi Mulyo mendapatkan bantuan kerjasama sapi sebar jenis PO Grati Pasuruan sebanyak 9 ekor, dengan rincian 1 ekor jantan dan 8 ekor betina pada tahun 2019. Hasil Mionev dan performans 8 ekor betina telah dikawini semua oleh pejantan pemacek secara kawin alam sedangkan untuk kebuntingannya menunggu hasil Pemeriksaan Kebuntingan (Pkb) oleh petugas Dinas.

Dalam kesempatan tersebut Tim Monev dari Lolit menyampaikan dan mengingatkan kembali kepada Poktan penerima manfaat sapi sebar PO Grati sesuai dengan isi SPK bahwa metode perkawinan hanya dapat dilakukan melaui Kawin alam dengan penjantan yang telah disediakan dan diharapkan juga Poktan Ngudi mulyo dapat menjadi sumber bibit sapi PO Grati Pasuruan di Provinsi Kalimantan Utara. Admin