Bimtek Pengembangan Hijauan Pakan Ternak (HPT)

Bimtek Pengembangan Hijauan Pakan Ternak (HPT)

Tideng Pale - (Sipedet News) - Pada hari Senin tanggal 26 Juni 2023 dilaksanakan Bimtek Pengembangan Hijauan Pakan Ternak (HPT) oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara pada Kelompok Tani Penerima Bantuan Belanja APBN tahun 2023 yaitu kelompok tani Do Asa Ngeferuan di Kantor Desa Gunawan Kecamatan Sesayap. 

Bimtek di buka oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Septo Wardhani atas nama Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan. Kepala Desa Gunawan Jones dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Gunawan salah satu Desa yang mempunyai populasi sapi terbanyak di Kabupaten Tana Tidung(KTT) diharapkan dengan adanya hijauan pakan ternak (HPT) yang berkualitas akan meningkatkan populasi lebih banyak lagi.

Bimtek tersebut menghadirkan 3 narasumber yaitu dari KTT Ikhtaful Maskur dan Aminah Made serta dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara Sri Mahyuni.

Ikhtaful Maskur menjelaskan materi terkait dengan padang penggembalaan, fungsi dan jenis nya serta peran penting kelompok dalam pengelolaan padang penggembalaan karena kelompok merupakan ujung tombak dari keberhasilan pengembangan HPT. Aminah Made lebih menekankan pada peran dan fungsi HPT untuk ternak, sedangkan Sri Wahyuni pada jenis jenis HPT yang dapat di kembangkan di KTT serta kandungan dan kelebihan dari masing-masing HPT.

Ikhtaful Maskur berharap dengan adanya pengembangan HPT pada padang penggembalaan ini kebutuhan akan pakan sapi di Desa Gunawan dapat terpenuhi dan sekaligus dapat dijadikan sebagai bibit untuk dapat dikembangkan lagi pada lahan yang dimiliki oleh masing-masing anggota kelompok dan semakin meningkatkan produksi dan produktifitas pakan yang akhirnya akan meningkatkan produksi dan produktifitas ternak nya juga pungkasnya. Admin